Minggu, 10 Juli 2011

METODE - METODE PEMBELAJARAN DI TK

I.PENDAHULUAN
Metode pembelajaran  adalah  metode yang digunakan guru dalam  mengajar dan salah satu kunci pokok  keberhasilan suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan.Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan pembelajaran.
Menurut Roidjakkers (1984) mengatakan bahwa metode belajar harus mampu mendorong proses pertumbuhan pola laku ,membina kebiasaan dan mengembangkan kemahiran untuk penyesuaian dalam interaksi proses pembelajaran
Menurut Briggs (1977) mengatakan bahwa yang dimaksud metode belajar suatu cara penyampaian pelajaran yang melibatkan sistem pengajaran berupa seperangkat komponen-komponen terdiri dari bahan pengajaran ,tes,siswa dan guru yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pengajaran
Metode pembelajaran di Taman Kanak –Kanak ,seorang guru  harus dapat menggunakan metode – metode dalam pembelajaran yang ia lakukan setiap harinya  dalam  mengajar .
Metode pembelajaran  adalah cara yang dilakukan guru untuk membelajarkan anak agar mencapai kompetensi yang ditetapakan .Metode metode pembelajaran yang dapat digunakan di Taman Kanak – Kanak antara lain yaitu  metode bercerita,metode bercakap-cakap,metode tanya jawab,metode  Karyawisata , metode demonstrasi, metod e sosiodrama atau bermain peran ,metode eksperimen,metode proyek ,metode  dan metode pemberian tugas.

II.METODE PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
            1.Metode Bercerita  :
               Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan penyampaian cerita atau  memberikan
               Penjelasan tentang suatu cerita kepada anak  secara lisan .
            2.Metode Bercakap-cakap
               Metode bercakap-cakap berupa kegiatan bercakap-cakap atau bertanya  jawab antara
               anak dengan guru atau antara anak dengan anak.Bercakap-cakap dapat dilaksanakan  
               dalam bentuk :

  1.          bercakap-cakap bebas
  2.    bercakap-cakap menurut tema
  3.     bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
Dalam bercakap-cakap  bebas kegiatan tidak terikat dengan  tema ,tetapi  pada kemampuan yang diajarkan .Bercakap-cakap menurut  tema tertentu .Bercakap-cakap berdasarkan  gambar seri menggunakkan gambar seri sebagai bahan pembicaraan .
            3.Metode Tanya Jawab
Metode Tanya Jawab dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak . Metode ini digunakan untuk :

  1. mengetahui pengetahuan  dan pengalaman yang telah dimiliki anak ,
  2. memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya,
  3. mendorong keberanian anak untuk mengemukakan pendapat.

 3.1Pengertian Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru. Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain:

3.1.1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
          a)Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah
              dikuasai oleh siswa.
          b) Untuk merangsang siswa berfikir.
          c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum
         dipahami.

3.1.2. Jenis pertanyaan.
           Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan
       ingatan dan pertanyaan pikiran:
         a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
                               pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal
                               kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya
.
                          b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
                              cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya
                              pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.

     3.13. Tehnik mengajukan pertanyaan.
        Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru
        dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya jawab biasanya
        dipergunakan apabila:
                                       1) Bermaksud mengulang bahan pelajaran.
                                        2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
                                        3) Tidak terlalu banyak siswa.
                                       4) Sebagai selingan metode ceramah


             
            4.Metode Karyawisata
    Metode yang dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi obyek-obyek yang sesuai  dengan tema

            5.Metode Demonstrasi
                         Metode Demonstrasi adalah metode yang dilakukan dengan cara menunjukkan cara  atau memperagakan  suatu cara atau suatu ketrampilan .Tujuannya agar anak dapat
\memahami  dan dapat melakukan dengan benar ,misalnya mengupas buah ,memotong rumput ,menanam bunga ,mencampur  warna ,meniup balon kemudian melepaskannya,menggosok gigi ,mencuci tangan ,dan lain-lain

              5.1 Pengertian Metode Demonstrasi
           Yang dimaksud dengan metode demontrasi adalah teknik yang digunakan untuk membelajarkan peserta didik terhadap suatu bahan belajar dengan cara memperhatikan ,menceritakan danmemperagakan  bahan belajar itu (sudjana,2001;154)
           Metode demontrasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses ,situasi,atau benda tertentu yang sedang dipelajari ,baik sebenarnya ataupun tiruan ,yang sering disertai dengan penjelasan lisan .Dengan metode demonstrasi ,proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih terkesan secara mendalam,sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna . juga siswa dapat mengamati dan memperhatikan selama pelajaran berlangsung .Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang yang berhubungan dengan proses mengatur sesuatu,proses membuat sesuatu ,proses bekerjanya sesuatu,proses mengerjakan atau memband ingkan suatu dengan cara lain ,dan untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu.
5.2.Keuntungan metode Demonstrasi
           Winarno Surakhmad(1990,111-112) mengatakan bahwa terdapat keuntungan metode demontrasi dalam kegiatan pembelajaran ,diantaranya adalah :

  1. Perhatian pelajar dapat diarahkan pada hal-hal yang dianggap penting.
  2. Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan apabila dibandingkan  dengan kegiatan ceramah  atau membaca buku ,karena pelajar memperoleh gambaran yang jelas dari hasil pengamatan .
  3. Bila pelajar turut aktif dalam eksperimen maka akan memperoleh pengalaman-pengalaman  praktek untuk mengembangkan kecakapan dan pengakuan serta pengharapan dari lingkungan sosialnya.
  4. Beberapa masalah yang menimbulkan pertanyaan pada pengajar dapat dijawab lebih teliti waktu proses demontrasi atau eksperimen.

5.3.Penggunaan metode Demontrasi
       Sudjana (2001: 157) menyatakan bahwa demontrasi akan tepat digunakan apabila

  1. Kegiatan pembelajaran ditekankan pada pembinaan ,perluasan ,atau pengembangan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik
  2. Pendidik bermaksud membelajarkan peserta didik melalui peragaan proses atau peragaan hasil tertentu
  3. Prgram belajar berkaitan dengan transformasi pengalaman praktis
  4. Program belajar berkaitan dengan trasnsformasi praktisi dan ketrampilan tertentu
  5. Pengorganisasian peserta didik terbatas sehingga  setiap kegiatan dilakukan paling banyak oleh sekitar 20 orang
  6. Terdapat kebutuhan belajar dan sumber-sumber pendukung yang berkaitan dengan    penggunaan teknik demonstrasi

5.4.Langkah-langkah metode demonstrasi
           Metode Demonstrasi dilakukan langkah-langkah sebagai berikut ;
      1)Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
           a)Pendidik ,bersama peserta didik menyusun bahan belajar untuk didemontrasikan
           b)Pendidik,bersama peserta didik ,menyiapkan fasilitas belajar dan alat-alat bantu
                     yang diperlukan
      2)Pada saat pembelajaran di mulai :
           a)Pendidik menjelaskan tujuan dan cara penggunaan teknik demonstrasi serta
               motivasi  peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan
               pembelajaran
           b)Pendidk memberi contoh dengan cara mendemonstrasikan proses atau hasil
              sesuatubagaimana tercantum dalam bahan belajar yang telah disusun
           c)Pendidik meminta peserta didik melakukan kembali demonstrasikan bahan
              belajartelah mereka susun
          d) Peserta didik mendemontrasikan bahan belajar yang telah mereka susun
           e)Pendidik bersama peserta didik mendiskusikan hal-hal yang timbul dalam
              kegiatan pembelajaran
      3)Pada akhir kegiatan pembelajaran
         Pada akhir kegiatan pembelajaran ,perdidik bersama peserta didik melakukan
         penilaian terhadap bahan belajar dan terhadap proses serta hasil penggunaan
         teknik ini.

            6.Metode Sosiodrama atau  bermain peran
               Metode sosiodrama  adalah cara memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran ,yakni anak diminta memainkan peran tertentu dalam suatu permainan peran.Misalnya ,bermain jual beli sayur-mayur ,bermain menolong orang yang jatuh,bermain menyayangi keluarga dan lain-lain 

            7.Metode Eksperimen
Metode Eksperimen adalah cara memberikan pengalaman kepada anak dimana anak memberikan perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya .Misalnya ,balon ditiup ,warna yang dicampur ,air dipanaskan ,tanaman disiram dan tidak disirami dan lain-lain
            8.Metode  Proyek
Metode Proyek adalah cara memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan alam sekitar dan kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan melalui bebagai kegiatan .

            9.Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalh metode yang memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang disiapkan oleh guru.
           

















                    DAFTAR PUSTAKA
.
Sudjana Nana, 1998.Model -model mengajar cbsa ,sinar baru ,bandung
 Sudjana,Nana,1998 ,Proses belajar mengajar ,cv remaja rosda karya,bandung
Depiknas ,2006,Pedoman pembelajaran di TK, Jakarta


TUGAS MEDIA INTERAKTIF
NAMA : TITIK  HARIYATI
NIM     : 090020235
KELAS : C
PRODI : TEKNOLOGI PEMBELAJARAN 
S2 UNIPA SURABAYA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar