I.PENDAHULUAN
Metode pembelajaran adalah metode yang digunakan guru dalam mengajar dan salah satu kunci pokok keberhasilan suatu kegiatan belajar mengajar yang dilakukan.Pemilihan metode yang akan digunakan harus relevan dengan tujuan pembelajaran.
Menurut Roidjakkers (1984) mengatakan bahwa metode belajar harus mampu mendorong proses pertumbuhan pola laku ,membina kebiasaan dan mengembangkan kemahiran untuk penyesuaian dalam interaksi proses pembelajaran
Menurut Briggs (1977) mengatakan bahwa yang dimaksud metode belajar suatu cara penyampaian pelajaran yang melibatkan sistem pengajaran berupa seperangkat komponen-komponen terdiri dari bahan pengajaran ,tes,siswa dan guru yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pengajaran
Metode pembelajaran di Taman Kanak –Kanak ,seorang guru harus dapat menggunakan metode – metode dalam pembelajaran yang ia lakukan setiap harinya dalam mengajar .
Metode pembelajaran adalah cara yang dilakukan guru untuk membelajarkan anak agar mencapai kompetensi yang ditetapakan .Metode metode pembelajaran yang dapat digunakan di Taman Kanak – Kanak antara lain yaitu metode bercerita,metode bercakap-cakap,metode tanya jawab,metode Karyawisata , metode demonstrasi, metod e sosiodrama atau bermain peran ,metode eksperimen,metode proyek ,metode dan metode pemberian tugas.
II.METODE PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK
1.Metode Bercerita :
Metode bercerita adalah cara bertutur kata dan penyampaian cerita atau memberikan
Penjelasan tentang suatu cerita kepada anak secara lisan .
2.Metode Bercakap-cakap
Metode bercakap-cakap berupa kegiatan bercakap-cakap atau bertanya jawab antara
anak dengan guru atau antara anak dengan anak.Bercakap-cakap dapat dilaksanakan
dalam bentuk :
- bercakap-cakap bebas
- bercakap-cakap menurut tema
- bercakap-cakap berdasarkan gambar seri
Dalam bercakap-cakap bebas kegiatan tidak terikat dengan tema ,tetapi pada kemampuan yang diajarkan .Bercakap-cakap menurut tema tertentu .Bercakap-cakap berdasarkan gambar seri menggunakkan gambar seri sebagai bahan pembicaraan .
3.Metode Tanya Jawab
Metode Tanya Jawab dilaksanakan dengan cara mengajukan pertanyaan tertentu kepada anak . Metode ini digunakan untuk :
- mengetahui pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki anak ,
- memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya,
- mendorong keberanian anak untuk mengemukakan pendapat.
3.1Pengertian Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Guru bertanya siswa menjawab atau siswa bertanya guru menjawab. Dalam komunikasi ini terlihat adanya hubungan timbal balik secara langsung antara guru. Beberapa hal yang penting diperhatikan dalam metode tanya jawab ini antara lain:
3.1.1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a)Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah
3.1.1. Tujuan yang akan dicapai dari metode tanya jawab.
a)Untuk mengetahui sampai sejauh mana materi pelajaran yang telah
dikuasai oleh siswa.
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum
b) Untuk merangsang siswa berfikir.
c) Memberi kesempatan pada siswa untuk mengajukan masalah yang belum
dipahami.
3.1.2. Jenis pertanyaan.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan
3.1.2. Jenis pertanyaan.
Pada dasarnya ada dua pertanyaan yang perlu diajukan, yakni pertanyaan
ingatan dan pertanyaan pikiran:
a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
a) Pertanyaan ingatan, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
pengetahuan sudah tertanam pada siswa. Biasanya pertanyaan berpangkal
kepada apa, kapan, di mana, berapa, dan yag sejenisnya
.
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
b) Pertanyaan pikiran, dimaksudkan untuk mengetahui sampai sejauh mana
cara berpikir anak dalam menanggapi suatu persoalan. Biasanya
pertanyaan ini dimulai dengan kata mengapa, bagaimana.
3.13. Tehnik mengajukan pertanyaan.
Berhasil tidaknya metode tanya jawab, sangat bergantung kepada tehnik guru
dalam mengajukan pertanyaanya. Metode tanya jawab biasanya
dipergunakan apabila:
1) Bermaksud mengulang bahan pelajaran.
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah
2) Ingin membangkitkan siswa relajar.
3) Tidak terlalu banyak siswa.
4) Sebagai selingan metode ceramah
4.Metode Karyawisata
Metode yang dilakukan dengan mengajak anak mengunjungi obyek-obyek yang sesuai dengan tema
5.Metode Demonstrasi
Metode Demonstrasi adalah metode yang dilakukan dengan cara menunjukkan cara atau memperagakan suatu cara atau suatu ketrampilan .Tujuannya agar anak dapat
\memahami dan dapat melakukan dengan benar ,misalnya mengupas buah ,memotong rumput ,menanam bunga ,mencampur warna ,meniup balon kemudian melepaskannya,menggosok gigi ,mencuci tangan ,dan lain-lain
5.1 Pengertian Metode Demonstrasi
Yang dimaksud dengan metode demontrasi adalah teknik yang digunakan untuk membelajarkan peserta didik terhadap suatu bahan belajar dengan cara memperhatikan ,menceritakan danmemperagakan bahan belajar itu (sudjana,2001;154)
Metode demontrasi adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses ,situasi,atau benda tertentu yang sedang dipelajari ,baik sebenarnya ataupun tiruan ,yang sering disertai dengan penjelasan lisan .Dengan metode demonstrasi ,proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih terkesan secara mendalam,sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna . juga siswa dapat mengamati dan memperhatikan selama pelajaran berlangsung .Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang yang berhubungan dengan proses mengatur sesuatu,proses membuat sesuatu ,proses bekerjanya sesuatu,proses mengerjakan atau memband ingkan suatu dengan cara lain ,dan untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu.
5.2.Keuntungan metode Demonstrasi
Winarno Surakhmad(1990,111-112) mengatakan bahwa terdapat keuntungan metode demontrasi dalam kegiatan pembelajaran ,diantaranya adalah :
- Perhatian pelajar dapat diarahkan pada hal-hal yang dianggap penting.
- Dapat mengurangi kesalahan-kesalahan apabila dibandingkan dengan kegiatan ceramah atau membaca buku ,karena pelajar memperoleh gambaran yang jelas dari hasil pengamatan .
- Bila pelajar turut aktif dalam eksperimen maka akan memperoleh pengalaman-pengalaman praktek untuk mengembangkan kecakapan dan pengakuan serta pengharapan dari lingkungan sosialnya.
- Beberapa masalah yang menimbulkan pertanyaan pada pengajar dapat dijawab lebih teliti waktu proses demontrasi atau eksperimen.
5.3.Penggunaan metode Demontrasi
Sudjana (2001: 157) menyatakan bahwa demontrasi akan tepat digunakan apabila
- Kegiatan pembelajaran ditekankan pada pembinaan ,perluasan ,atau pengembangan pengetahuan dan ketrampilan peserta didik
- Pendidik bermaksud membelajarkan peserta didik melalui peragaan proses atau peragaan hasil tertentu
- Prgram belajar berkaitan dengan transformasi pengalaman praktis
- Program belajar berkaitan dengan trasnsformasi praktisi dan ketrampilan tertentu
- Pengorganisasian peserta didik terbatas sehingga setiap kegiatan dilakukan paling banyak oleh sekitar 20 orang
- Terdapat kebutuhan belajar dan sumber-sumber pendukung yang berkaitan dengan penggunaan teknik demonstrasi
5.4.Langkah-langkah metode demonstrasi
Metode Demonstrasi dilakukan langkah-langkah sebagai berikut ;
1)Sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
a)Pendidik ,bersama peserta didik menyusun bahan belajar untuk didemontrasikan
b)Pendidik,bersama peserta didik ,menyiapkan fasilitas belajar dan alat-alat bantu
yang diperlukan
2)Pada saat pembelajaran di mulai :
a)Pendidik menjelaskan tujuan dan cara penggunaan teknik demonstrasi serta
motivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan
pembelajaran
b)Pendidk memberi contoh dengan cara mendemonstrasikan proses atau hasil
sesuatubagaimana tercantum dalam bahan belajar yang telah disusun
c)Pendidik meminta peserta didik melakukan kembali demonstrasikan bahan
belajartelah mereka susun
d) Peserta didik mendemontrasikan bahan belajar yang telah mereka susun
e)Pendidik bersama peserta didik mendiskusikan hal-hal yang timbul dalam
kegiatan pembelajaran
3)Pada akhir kegiatan pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran ,perdidik bersama peserta didik melakukan
penilaian terhadap bahan belajar dan terhadap proses serta hasil penggunaan
teknik ini.
6.Metode Sosiodrama atau bermain peran
Metode sosiodrama adalah cara memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran ,yakni anak diminta memainkan peran tertentu dalam suatu permainan peran.Misalnya ,bermain jual beli sayur-mayur ,bermain menolong orang yang jatuh,bermain menyayangi keluarga dan lain-lain
7.Metode Eksperimen
Metode Eksperimen adalah cara memberikan pengalaman kepada anak dimana anak memberikan perlakuan terhadap sesuatu dan mengamati akibatnya .Misalnya ,balon ditiup ,warna yang dicampur ,air dipanaskan ,tanaman disiram dan tidak disirami dan lain-lain
8.Metode Proyek
Metode Proyek adalah cara memberikan kesempatan kepada anak untuk menggunakan alam sekitar dan kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan melalui bebagai kegiatan .
9.Metode Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas adalh metode yang memberikan kesempatan kepada anak untuk melaksanakan tugas yang disiapkan oleh guru.
DAFTAR PUSTAKA
.
Sudjana Nana, 1998.Model -model mengajar cbsa ,sinar baru ,bandung
Sudjana,Nana,1998 ,Proses belajar mengajar ,cv remaja rosda karya,bandung
Depiknas ,2006,Pedoman pembelajaran di TK, Jakarta
TUGAS MEDIA INTERAKTIF
NAMA : TITIK HARIYATI
NIM : 090020235
KELAS : C
PRODI : TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
S2 UNIPA SURABAYA
PRODI : TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
S2 UNIPA SURABAYA
Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
BalasHapusJika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
BalasHapusThanks infonya. Oiya, saya nemu artikel menarik nih yang ngebahas tentang kesalahan terbesar yang kerap dilakukan orang tua dalam mendidik anaknya seputar keuangan. Ini informatif banget sih, apalagi yang ngomong miliarder kenamaan Warren Buffett. Cek langsung disini ya: Kata Warren Buffet, ini kesalahan terbesar orang tua dalam mendidik anak tentang keuangan
▷ Casino site with fast payouts ⋆ No deposit bonuses 2021
BalasHapusᐉ Casino site with fast payouts ⋆ No deposit bonuses 2021 · Play and win on the best luckyclub slots and most popular table games ✓ Play on mobile and